Monday, April 9, 2012

"Mencintai" Budaya Bersih


Arti budaya secara bahasa menurut wikipedia adalah "Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia." 
Bicara tentang budaya maka tidak lepas dari kebiasaan manusia. Tentu kebersihan penting untuk dijaga, karena berkaitan erat dengan kesehatan dan kenyamanan kita. Nah, kalau kebersihan itu penting, kok masih banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya ? Bagaimana ya agar kita dapat terus menjaga kebersihan? Kali ini saya akan membahasnya. Check it out aja ya :D.

Saya pikir banyak orang yang sudah sadar akan pentingnya kebersihan. Sadar saja tentu tidak cukup. Tapi harus cinta. Nah kok cinta? Menurut saya, kalau sudah cinta, tentu tidak akan terasa berat untuk menjaga kebersihan. Kita akan melakukan apa saja yang penting tidak mengotori lingkungan.

Banyak kita lihat dengan santainya seseorang membuang sampah sembarang. Menurut saya, untuk dapat mencintai kebersihan, maka kita harus tahu apa saja dampak terburuk yang dapat ditimbulkan karena membuang sampah sembarangan. Dan kita harus tahu manfaat terbaik yang kita dapat jika menjaga kebersihan. Ketika sudah tahu, maka harus didorong dengan niat dan dimulai dari diri sendiri.

Memulai dari diri sendiri merupakan hal yang penting. Karena ketika kita sudah memulai dari diri sendiri, maka jika kita ingin menasihati orang lain akan lebih "di dengar" oleh orang tersebut. Dapat dimulai dari membuang sampah minuman misalnya, atau bahkan bungkus permen.

Tapi kadang sering kita jumpai kurangnya tempat sampah di tempat-tempat umum, di jalan. Kalau sudah begitu, tentu orang juga akan malas mengantongi sampah. Menurut saya, sebaiknya kita selalu membawa kantong plastik kecil (bagi yang berpergian agak jauh) untuk menyimpan sampah yang berasal dari kita, misalnya bungkus permen. Jika sudah penuh, maka tinggal dibuang. Jika tidak berpergian jauh, maka memang diperlukan sedikit kesabaran untuk menyimpan sampah dan membuangnya ketika ada tempat sampah terdekat.

Berkorban sedikit untuk kenyamanan bersama tentu tidak masalah bukan? :D

No comments:

Post a Comment

Followers