Friday, April 6, 2012

Tugas 5 Ilmu Budaya Dasar

Tema  : Pengobatan penyakit hati atau pengobatan psikis menurut kepercayaan agama masing-masing
Judul  : Dampak penyakit hati dalam kehidupan sehari-hari dan cara menghindarinya

Dorongan agar manusia melakukan sesuatu yang buruk disebut penyakit hati. Apa saja penyakit hati itu? Apa dampaknya terhadap kehidupan sehari-hari? Nah kali ini saya akan membahas tentang dampak penyakit hati dalam kehidupan sehari-hari, seberapa buruk sih dampak dari penyakit hati. Bagaimana cara menghindari penyakit hati? 
Nah check it out aja ya :D .

Macam-macam penyakit hati adalah
1. Dengki
    Artinya menaruh perasaan benci, tidak senang yang amat sangat terhadap keberuntungan orang lain. Nah kalau dengki sudah parah, bisa gawat. Kenapa? Karena orang yang dengki tersebut bisa saja nekat melakukan apa saja untuk merebut atau menghilangkan kesenangan dari orang lain. Jelas orang yang bersifat dengki akan dijauhi oleh teman-teman nya.

2. Buruk Sangka
    Artinya menyangka buruk terhadap orang lain, tanpa disertai bukti-bukti yang benar. Buruk sangka merupakan sifat yang dapat memunculkan fitnah bagi orang lain. Karena buruk sangka dapat menimbulkan fitnah bagi orang lain. Akibatnya, orang yang terkena fitnah dapat dijauhi oleh lingkungan sekitarnya. 

3. Khianat
    Artinya mengingkari tanggung jawab, berbuat tidak setia, atau melanggar/mengingkari janji yang telah dibuat. Hal ini tentu merugikan orang lain. Karena dapat dibayangkan, ketika ada seseorang menaruh rasa percaya kepada orang lain, dan orang tersebut berkhianat..maka tidak jarang orang yang memberi amanah kepadanya tidak akan percaya lagi padanya.

4. Pengecut
    Artinya lari dari tanggung jawab yang telah diberikan kepadanya. Tentu hal ini sangat tidak baik, karena  bisa dibayangkan ketika orang lain melakukan tanggung jawab mereka, seorang pengecut malah akan berbalik dan membiarkan tanggung jawabnya terlalaikan, atau bahkan menyerahkannya secara semena-mena kepada orang lain. Tentu seorang pengecut akan dijauhi oleh lingkungan sekitarnya, karena tidak memiliki rasa solidaritas.

Dari macam-macam penyakit hati di atas, tentu kita harus menjauhi penyakit hati, karena jika tidak, maka kita akan dijauhi oleh lingkungan sekitar kita. Selain merugikan orang lain, penyakit hati akan merugikan diri sendiri. Penyakit hati dapat mengganggu kesehatan psikologis seseorang. Bisa jadi seseorang malah sibuk berpikir bagaimana ia menjatuhkan seseorang, bagaimana ia mencari keuntungan sebesar-besarnya dengan menjatuhkan orang. 

Cara menyembuhkan penyakit hati menurut Al-Ghazali adalah

1. Mencari guru yang mengetahui penyakit hati kita. Datang dengan sikap pasrah jika guru kita memberitahu penyakit hati kita.

2. Mencari sahabat yang jujur. Sahabat yang baik akan membetulkan kita.

3. Jika sulit mendapat sahabat yang jujur, kita bisa mencari musuh kita dan mempertimbangkan hal-hal yang ia bicarakan tentang kita. 

Sampai sini dulu ya kali ini, semoga bermanfaat, maaf kalau ada salah-salah kata :)

sumber :
Ayo Belajar AGAMA ISLAM UNTUK SMP KELAS VII ERLANGGA

No comments:

Post a Comment

Followers