Saturday, April 7, 2012

Tugas 6 Ilmu Budaya Dasar

Tema : Gambaran keadilan hukum di Indonesia
Judul : Tidak adilnya pemberian sanksi hokum terhadap “si kaya”

Indonesia adalah negara hukum. Hukum di Indonesia berlaku untuk seluruh warga negaranya. Jadi siapapun yang melanggarnya, tentu tidak pilih kasih dalam pemberian sanksinya. Tapi ada orang-orang tertentu yang mempunyai “dompet tebal” yang dapat “lolos” dari sanksi hukum. Nah orang-orang “berdompet tebal” ini yang saya maksud “si kaya”. Bagaimana gambaran keadilan keadilan bagi “si kaya” di Indonesia? Kali ini saya akan membahasnya :D. Saya akan menulis tentang keadaan sebuah penjara bagi “si kaya”.

Keadilan tentu dambaan bagi setiap orang. Tapi tentu sulit dalam mempraktikkannya.

Ada saja oknum-oknum yang malah berpihak pada ketidakadilan di negeri ini. Meskipun mungkin hal-hal “aneh” seperti fasilitas tambahan pada penjara sudah biasa terjadi.

Fasilitas tambahan yang sangat aneh menurut saya adalah adanya fasilitas-fasilitas mewah di penjara seseorang yang terbukti melakukan suap sebesar 6M terhadap jaksa, memiliki fasilitas-fasilitas mewah bagi sebuah penjara. Ya diantaranya adalah AC (air conditioner), TV layar lebar, dan perawatan kecantikan. Sungguh memprihatinkan. Seharusnya hukum berlaku untuk semua warga negara. Bagaimana seorang pelanggar hukum akan jera jika bisa dengan mudah keadilan itu dibeli. Nah salah siapa ya kalau sudah begini?

Menurut saya, sanksi bagi pelanggar hukum di negara kita ini kurang membuat jera si pelanggar. Kenapa? Karena buktinya korupsi tetap merajalela di negara ini. Bagaimana menurut Anda? :D.

Mungkin benar pendapat orang yang saya pernah dengar, konsep dari hukum di Indonesia ini sebenernya sudah bagus, tinggal penerapan dan pengawasan terhadap pelaksanaannya saja.

Ya begitulah sedikit gambaran keadilan hukum di negeri ini bagi kaum yang mampu membeli keadilan.


Sekian dulu kali ini, mudah-mudahan bermanfaat.


Sumber:

No comments:

Post a Comment

Followers